Wakil Presiden di Indonesia (Vice President Indonesia)

Encyclopedia Indonesia - Ensiklopedia Indonesia

Wakil Presiden Republik Indonesia




1. Drs. Mohammad Hatta



Drs. Mohammad Hatta adalah Wakil Presiden Pertama Republik Indonesia. Beliau terlahir dengan nama Muhammad Athar dan dikenal sebagai pemimpin yang sederhana dan idealis. Beliau juga dikenal sebagai Bapak Proklamator Indonesia bersama Ir. Soekarno yang merupakan Presiden Pertama Indonesia. Beliau juga dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia. Moh. Hatta lahir di Bukit Tinggi Provinsi Sumatra Barat pada 12 Agustus 1902. Beliau wafat di Jakarta pada 14 Maret 1980 dalam usia 77 tahun dan dimakamkan di Tanah Kusir Jakarta.

2. Sri Sultan Hamengkubuwono IX



Sri Sultan Hamengkubuwono IX adalah salah seorang Sultan atau Raja yang pernah memimpin di Kesultanan atau Keraton Yogyakarta pada 1940-1988 dan pernah menjadi Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta yang pertama setelah kemerdekaan Indonesia. Ia menjadi Wakil Presiden yang kedua mulai tahun 1973 sampai 1978. Sri Sultan Hamengkubuwono IX juga dikenal sebagai Bapak Pramuka Indonesia, dan pernah menjabat sebagai Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Indonesia. Sri Sultan Hamengkubuwono IX lahir di Yogyakarta pada 12 April 1912 dan wafat di Rumah Sakit George Washington University Medical Centre Amerika Serikat pada 2 Oktober 1988 dalam usia 76 tahun.

3. Adam Malik



Wakil Presiden Indonesia yang ketiga adalah Adam Malik yang lahir di Pematang Siantar, Provinsi Sumatra Utara pada 22 Juli 1917. Adam Malik wafat di Bandung Jawa Barat pada 5 September 1984.

4. Jenderal (Purn) Umar Wirahadikusumah

Wakil Presiden Indonesia keempat adalah Umar Wirahadikusumah. Lahir di Situraja, Sumedang, Provinsi Jawa Barat. Umar Wirahadikusumah wafat di Jakarta pada 21 Maret 2003

5. Letjen (Purn) Sudharmono, S.H.



Sudharmono, S.H, adalah Wakil Presiden Indonesia yang kelima. Sudharmono atau lebih dikenal dengan panggilan Pak Dhar lahir di Cerme, Gresik, Provinsi Jawa Timur pada 12 Maret 1927 dan wafat setelah menjalani perawatan selama dua pekan di Rumah Sakit MMC Jakarta sejak 6 Januari 2006 pada Rabu malam 25 Januari 2006 dan dimakamkan di Taman makam Pahlawan (TMP) Kalibata..

6. Jendral (Purn) Try Sutrisno



Try Sutrisno adalah Wakil Presiden keenam, lahir di Surabaya, Provinsi Jawa Timur pada 15 November 1935

7. Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie



BJ Habibie, Wakil Presiden ketujuh, dikenal jenius dan sempat menjadi Presiden Indonesia menggantikan Soeharto yang mengundurkan diri. BJ Habibie lahir di Pare-Pare, Provinsi Sulawesi Selatan pada 25 Juni 1936.

8. Megawati Soekarno Putri



Megawati Soekarno Putri Wakil Presiden Indonesia ke delapan dan merupakan putri sulung Presiden Pertama Indonesia Ir Soekarno. Megawati Soekarno Putri sempat menjadi Presiden Indonesia menggantikan Abdurrahman Wahid. Lahir di Yogyakarta pada 23 Januari 1946.

9. Prof. Dr. H. Hamzah Haz



Hamzah Haz menjadi Wakil Presiden Indonesia ke sembilan, lahir di Ketapang, Pontianak Provinsi Kalimantan Barat, 15 Februari 1940.

10. M. Yusuf Kalla


Jusuf Kalla, Wakil Presiden Indonesia ke sepuluh, lahir di Watampone, Provinsi Sulawesi Tengah pada 15 Mei 1942.

11. Prof. Dr. Boediono

Boediono lahir di Blitar, Provinsi Jawa Timur pada 25 Februari 1943. Boediono menjadi Wakil Presiden yang ke sebelas dan menjabat sampai sekarang.

12. M. Yusuf Kalla

Jusuf Kalla, kembali menjabat Wakil Presiden, pada pemerintahan Presiden Jokowi periode pertama

13. KH Ma'ruf Amin

KH Ma'ruf Amin, lahir 11 Maret 1943 di Tangerang, menjabat Wakil Presiden, pada pemerintahan Presiden Jokowi periode kedua

Comments

Post a Comment