Sejarah Indonesia (History of Indonesia)

Encyclopedia Indonesia - Ensiklopedia Indonesia

Sejarah Indonesia

Sejarah Indonesia mencakup rentang waktu yang sangat panjang yang dimulai sejak zaman prasejarah berdasarkan penemuan "Manusia Jawa" yang berusia 1,7 juta tahun yang lalu.

Secara garis besar, periode sejarah Indonesia dapat dibagi menjadi enam era :

1. Era Prakolonial Sejarah Indonesia pada era ini dimulai dengan mulai terbentuknya kepulauan Indonesia pada saat melelehnya es setelah berakhirnya Zaman Es, sekitar 10.000 tahun yang lalu. Pada masa Pleistosen, ketika masih terhubung dengan Asia Daratan, masuklah pemukim pertama. Bukti pertama yang menunjukkan penghuni awal adalah fosil-fosil Homo erectus manusia Jawa yang hidup dari masa 2 juta hingga 500.000 tahun lalu. Homo sapiens pertama diperkirakan masuk ke wilayah Nusantara sejak 100.000 tahun yang lalu melalui jalur pantai Asia dari Asia Barat. Dan sekitar 60 000 sampai 70 000 tahun yang lalu mereka telah mencapai Pulau Papua dan Australia. Sejarah Indonesia era prakolonial ini berlanjut pada abad pertama SM sudah terbentuk pemukiman-pemukiman serta kerajaan-kerajaan kecil, dan sudah masuk pengaruh kepercayaan dari India akibat hubungan perdagangan. Keinginan menyatukan Nusantara telahterjetus oleh patih Kerajaan Majapahitbernama Patih Gajah Mada. 



2. Era munculnya kerajaan-kerajaan Hindu-Budha serta Islam di Jawa dan Sumatera yang mengandalkan perdagangan. Sejarah Indonesia di Era ini pernah ditulis Cendekiawan India tentang Dwipantara atau kerajaan Hindu Jawa Dwipa di pulau Jawa dan Sumatra sekitar 200 SM. Bukti fisik awal yang menyebutkan mengenai adanya dua kerajaan bercorak Hinduisme pada abad ke-5, yaitu: Kerajaan Tarumanegara yang menguasai Jawa Barat dan Kerajaan Kutai di pesisir Sunai Mahakam, Kalimantan. Pada tahun 425 agama Budha telah mencapai wilayah tersebut. Saat Eropa memasuki era Renaisans, Nusantara telah mempunyai warisan peradaban berusia ribuan tahun dengan dua kerajaan besar yaitu Sriwijaya di Sumatra dan Majapahit di Jawa. Sedangkan sejarah Indonesia yang ditandai dengan hadirnya Islam sebagai sebagai sebuah pemerintahan dimulai sekitar abad ke-12, walaupun sebenarnya Agama Islam sendiri sudah sudah masuk ke Indonesia pada abad 7 Masehi. Saat itu sudah ada jalur pelayaran yang ramai dan bersifat internasional melalui Selat Malaka yang menghubungkan Dinasti Tang di Cina, Sriwijaya di Asia Tenggara dan bani Umayyah di Asia Barat sejak abad 7.



3. Era Kolonial, dengan masuknya orang-orang Eropa (terutama Belanda) yang menginginkan rempah-rempah yang mengakibatkan penjajahan Belanda terhadap Indonesia selama sekitar 3,5 abad atau 350 tahun dimulai pada awal abad ke-17 hingga pertengahan abad ke-20. Indonesia pernah dijajah bangsa Portugis, Spanyol, Belanda dan Jepang.



4. Era Kemerdekaan Awal, pasca-Proklamasi Kemerdekaan Indonesia (1945) sampai jatuhnya Soekarno (1966), disebut dengan Era Orde Lama.







5. Era Orde Baru, 32 tahun masa pemerintahan Presiden Soeharto (1966-1998) 



6. Era Reformasi yang berlangsung sejak lengsernya Presiden Soeharto tahun 1998 sampai sekarang.

Comments